Friday, April 1, 2011

Batman (update 02/06/2011)

Pemeran Batman dari Masa ke Masa

Update pemeran Batman hasil searching tanggal 2 Juni 2011 dari

Batman 1943


Diperankan oleh Lewis Wilson.

Batman 1949

 

Diperankan oleh Robert Lowery, desain kostumnya mirip dengan Batman edisi 1943, yang memang mengacu pada komiknya waktu itu. Ini salah satu komik Batman yang terbit tahun 1939 :


Batman 1966 (TV Serial)
Kalo yang ini masih sangat familier di ingatan saya, karena muncul serialnya di TVRI tahun 70-an. Waktu itu saya masih SD. Pemerannya Adam West (sebagai Batman) dan Burt Ward (sebagai Robin).

 
 
 
 
Poster untuk film layar lebar tahun 1978.

Batman the Movie (1989)
Diperankan oleh Michael Keaton.
Menurut saya, kostumnya keren, sayang pemerannya kurang pas karena terlalu pendek. Juga logo kelelawar di dadanya tidak sesuai dengan logo Batman yang seharusnya.

 
Michael Keaton bersama Bob Kane, pencipta tokoh Batman
 
 
 
 

Batman Returns (1992)
Masih diperankan oleh Michael Keaton. Dalam film ini logo Batman sudah diperbaiki. Justru kostumnya yang kurang greget. Masih bagusan yang sebelumnya.

 
 

Batman Forever (1995)
Diperankan oleh Val Kilmer. Dalam film ini Robin (diperankan oleh Chris O'Donnell) muncul mendampingi Batman.

 
 
 
 

Batman & Robin (1997)
Oleh pengamat, film Batman yang diperankan oleh George Clooney ini dianggap terlalu slengekan, terlalu "full color", jauh dari image Batman yang gelap dan penuh misteri. Saya setuju. Tampaknya sang sutradara mencoba menampilkan Batman dengan gaya Batman 1966. Selain Robin (masih diperankan oleh Chris O'Donnell), muncul juga Batgirl yang diperankan oleh Alicia Silverstone.

 
 
 
 

Batman Begins (2005)
Ini dia era baru film Batman. Diperankan oleh Christian Bale, film ini dianggap cocok dengan gambaran Batman yang gelap dan keras. Banyak mendapat pujian, baik dari penggemar maupun kritikus film. Kalo menurut saya sih, kostumnya terlalu ribet.

 
 
 
 
 
 

The Dark Knight (2008)
Edisi terbaru dari film Batman. Pemerannya tetap Christian Bale. Di sini Batman harus menghadapi musuh bebuyutannya, The Joker, yang diperankan secara meyakinkan oleh Heath Ledger (alm.). Para pengamat film justru lebih banyak memuji akting Heath Ledger yang menggambarkannya, bahwa Ledger adalah Joker itu sendiri. Sayang, Ledger tak bisa menikmati pujian itu karena ia keburu tewas akibat over dosis pada 22 Januari 2008. Atas perannya sebagai Joker itu ia memperoleh Golden Globe Award 2009 dan Piala Oscar 2009 sebagai Pemeran Pembantu Pria Terbaik. Kedua penghargaan ini diraihnya secara anumerta (posthumous).

 
 
 
 
 

Lihat juga : Tunggangan Batman

No comments:

Post a Comment

Blog Archive