Thursday, June 16, 2011

5 Tempat Rahasia di Rumah Yang Wajib Rutin Dibersihkan


Membersihkan rumah seringkali jadi tugas yang cukup berat dilakukan. Namun Anda harus tetap melakoninya demi kesehatan keluarga tercinta.

Dilansir She Knows, Marni Jameson seorang penulis buku tentang rumah memberikan tips tempat-tempat mana saja yang harus Anda bersihkan secara rutin.

Tempat Cuci Piring dan Kulkas

Di mana ada makanan, di situlah bakteri akan bersarang. Menurut sebuah penelitian, lebih dari 500 ribu bakteri per inci persegi ada di tempat cuci piring. Ingin membersihkannya? Sikat dan sabuni tempat cuci piring lima kali dalam seminggu.

Selain tempat cuci piring, kulkas juga jadi salah satu sarang bakteri. Bersihkan lemari es, baik bagian dalam maupun luarnya. Khusus untuk pegangan kulkas, bersihkan dengan air hangat dan sabun. Jangan lupa juga untuk membersihkan rak-raknya dan laci tempat penyimpanan daging sedikitnya seminggu sekali.

Kran Kamar Mandi

Kran kamar mandi dan kran wastafel salah satu tempat yang cukup sering disentuh anggota keluarga Anda di rumah. Sempatkan waktu untuk membersihkan dua kran tersebut setiap hari. Kalau di kamar mandi Anda ada handuk untuk membersihkan tangan, rutinlah menggantinya. Bakteri betah bersarang di handuk yang lembab.

Mainan Anak-anak

Setiap hari anak-anak pasti akan menyentuh mainan-mainannya. Anak-anak pun akan dengan santainya memasukkan tangan ke dalam mulutnya setelah memegang mainan tersebut. Makanya penting sekali untuk mencuci mainan anak-anak dengan sabun.

Remote TV, Keyboard Komputer dan Telepon

Ketiga tempat ini surganya bagi bakteri. Apalagi jika Anda kerap memegang ketiga benda tersebut sambil makan, bakteri yang membawa penyakit akan bersarang di sana. Sering-seringlah membersihkan ketiga benda itu dengan desinfektan.

Tombol/ Saklar Lampu dan Pegangan Pintu

Mematikan dan menyalakan lampu serta membuka pintu, kegiatan yang tidak bisa Anda hindari dalam kegiatan sehari-hari. Di tombol lampu terdapat sekitar 217 bakteri yang bisa berpindah tangan. 

Sumber : www.kaskus.us




No comments:

Post a Comment

Blog Archive