Saturday, June 18, 2011

Manfaat Hipnoterapi Bagi Psikolog

Psikolog belajar Hipnoterapi? Perlukah? Mungkin bagi orang awam, kedua hal tersebut tak ada hubungannya sama sekali. Apa hubungannya psikologi dan hipnoterapi? Tapi tahukah anda bahwa mahasiswa psikologi mempelajari hipnoterapi di bawah tema Transpersonal. Setiap mahasiswa psikologi pasti pernah mendengar tentang hipnoterapi. Kami akan beritahu alasan mengapa sebaiknya seorang psikolog belajar tentang hipnoterapi dan begitu juga sebaliknya.

Seorang psikolog menyelesaikan masalah klien-kliennya dengan berbicara secara sadar. Kadang secara sadar orang dapat berbohong atau memanipulasi keterangan yang diperlukan oleh psikolog. Dengan mempelajari hipnoterapi, seorang psikolog akan belajar berbicara dengan kliennya tidak hanya secara sadar, namun juga secara bawah sadarnya. Bawah sadar tidak bisa dibohongi karena kejujuran setiap orang terletak di pikiran bawah sadarnya. Dengan belajar hipnoterapi, seorang psikolog akan mendapatkan data dan keterangan yang lebih akurat dari kliennya.

Tempat bernaungnya akar masalah terletak di pikiran bawah sadar. Klien seringkali tak menyadari akar dari masalah yang sedang mereka hadapi. Hipnoterapi membantu psikolog untuk lebih mudah menggali akar masalah yang dihadapi klien.

Dalam penyelesaian masalah, terkadang dengan berkonsultasi, masalah klien tidak dapat selesai secara sepenuhnya, dengan hipnoterapi, psikolog dapat lebih cepat menyelesaikan masalah kliennya dengan akar masalah yang secara sadar pun sulit tergali.

Sedangkan manfaat dari Hipnoterapis yang mempelajari psikologi juga tak kalah menguntungkannya. Salah satunya adalah dengan ilmu psikologi yang sudah dimilikinya atau yang sedang dipelajarinya ia akan lebih mudah menganalisa karakter klien yang datang untuk menjalani terapi. Dengan mengetahui secara kilat mengenai karakter sang klien, terapis akan dengan mudah dan segera menemukan metode yang tepat untuk diaplikasikan terhadap klien.

Manfaat lainnya adalah terapis akan tahu bagaimana berbicara dengan klien yang sebenarnya mungkin memiliki masalah yang sulit untuk diselesaikan dengan cara ia berkomunikasi dengan klien dan pemilihan kata yang tepat agar klien tetap merasa optimis untuk menjalani terapi. Terapis belajar membesarkan hati klien dan membantunya untuk berusaha dan berkeyakinan lebih kuat untuk sembuh dari sebelumnya.

Itu mungkin beberapa dari sekian banyaknya manfaat dari apabila Psikolog mempelajari Hipnoterapi dan sebaliknya. Jadi, tunggu apa lagi? Maksimalkan kemampuan anda dengan belajar hal baru! :)





No comments:

Post a Comment

Blog Archive