Monday, June 6, 2011

Tutorial Membuat Pigura Berhias Jam

Sesuai janji saya pada posting Membuat Pigura Sederhana, berikut ini saya akan berbagi cara membuat pigura yang juga berfungsi sebagai jam dinding seperti ini :


Bahan-bahannya hampir sama dengan bahan untuk pembuatan pigura, hanya saja kita tidak memerlukan kertas kaca, karena bahan ini bersifat sangat rapuh. Ini karena dalam proses pemasangan jam kita harus melubangi tripleks dan poster.

Adapun bahan tambahan yang kita perlukan adalah :
  1. Mesin jam dinding yang bisa kita peroleh di toko-toko jam, elektronika atau kaki lima, lengkap dengan jarum detik, menit dan jamnya.
  2. Untuk tripleks sebaiknya gunakan tripleks yang agak tipis (2 mm, misalnya), agar tersedia space untuk menancapnya jarum jam pada mesinnya.
  3. Gambar jam, yang bisa Anda buat sendiri atau mengunduh gambar ini.
  4. Piringan bulat, seperti CD atat DVD bekas. Anda dapat juga menggunakan tutup biskuit bekas atau piringan hitam yang tidak terpakai.
  5. Kertas stiker untuk menempelkan gambar jam. Ukuran stiker ini harus sesuai dengan piringan yang kita gunakan.
Catatan :
Bahan 2, 3 dan 4 dapat juga direkayasa menjadi satu, yaitu dengan menambahkan gambar jam pada poster menggunakan Photoshop, kemudian dicetak di percetakan digital.

Di sini saya menggunakan poster Batman dan oleh karena itu dekorasi jamnya saya beri logo Batman seperti ini :



Prosesnya pun hampir sama, hanya saja setelah penempelan poster pada tripleks Anda harus membuat lubang kecil (+ berdiameter 5 mm) yang letaknya disesuaikan dengan lokasi jam.

Rekatkan mesin jam di bagian belakang pigura dan biarkan kering lebih dulu agar kuat melekat pada tripleks. Setelah itu pasang semua jarumnya secara berurutan, yaitu jam, menit lalu detik. Biasanya jarum-jarum tersebut berukuran lebih panjang dari dekorasi yang kita buat. Untuk itu kita harus memotongnya terlebih dahulu. Alat pemotong bisa menggunakan gunting biasa yang tajam.

Selamat berkreasi. (mp2)

No comments:

Post a Comment

Blog Archive